All Blogger Trick

Keren! Siswa SD pun Kuliah di Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) dan DAAD – Jerman bekerja sama menyelenggarakan program Kinderuniversitaet (children university) bagi para siswa Sekolah Dasar (SD) di Jakarta dan Depok, untuk dapat 'kuliah' di kampus UI. Kegiatan ini diikuti oleh 16 siswa-siswi sekolah dasar dari 10 SD di antaranya SD Santa Ursula, High Scope, dan Nurul Fikri.

Pada 16-18 November, para siswa berkuliah selama empat jam setiap hari. Kepala Deputi Sekretariat Pimpinan UI Devie Rahmawati mengatakan, program siswa SD ke kampus ini merupakan program kali pertama yang ada di Indonesia.

“Tema untuk para siswa SD selama tiga hari kuliah ialah jurnalistik untuk anak,” paparnya kepada wartawan, Kamis (17/11/2011).

Para pengajar dalam kampus cilik ini adalah dosen dan alumni UI. Mereka akan memberi kuliah kepada para siswa SD kelas lima tersebut. Selain mengikuti perkuliahan di kelas, para siswa SD diminta “turun ke lapangan” untuk melakukan reportase.

“Di antaranya reportase penyelenggaraan SEA Games di UI, aktivitas bersepeda warga kampus, serta budaya membaca dan ke perpustakaan warga kampus,” jelasnya.

Agar para siswa memperoleh pengetahuan yang komprehensif, UI dan DAAD juga mengundang para jurnalis dari empat dunia media yaitu televisi, radio, cetak, dan online. Para wartawan pun juga ikut menjadi dosen bagi para calon jurnalis cilik ini.

“Mereka diajarkan cara menulis yang baik dan menarik, menulis berita, profil, dan feature. Nantinya para pengajar akan menggunakan metode pengajaran yang bervariasi, selain tutorial, diskusi kelompok, kuis dan juga presentasi. Di hari terakhir, para siswa SD tersebut akan mempresentasikan hasil kuliah dan liputan mereka di hadapan para dosen dan pimpinan UI,” imbuhnya.

(http://www.disgisstar.com/2011/11/siswa-sd-kuliah-di-ui.html)

Update Blog Paling Seru di Malam Hari!

Diberdayakan oleh Blogger.