All Blogger Trick

Cara Mengajukan Permohonan Visa ke Amerika Serikat

Bagi banyak orang, mengajukan visa ke Amerika Serikat dianggap sulit dan memusingkan, tetapi kenyataannya tidak juga. Anda hanya perlu melewati 4 tahapan, bahkan dua diantaranya dapat diselesaikan melalui online. Berikut tahapan membuat visa Amerika Serikat:

1. Membayar biaya administrasi 
Untuk visa liburan, Anda harus membayar US$ 160 atau Rp 152 ribu terlebih dahulu melalui setor tunai ke dua bank, yaitu Standard Chartered Bank atau Bank Permata. Tanyakan pihak terkait untuk mengetahui cabang mana dari kedua bank tersebut yang dapat melayani, karena tidak semua cabang ditunjuk untuk melayani pembayaran visa.

2. Melengkapi permohonan via online 
Isi form online jenis DS-160 yang dapat Anda akses melalui https://ceac.state.gov/genniv/
Siapkan pas foto dengan background warna putih. Jika lancar, proses pengisian seluruh form tidak memakan waktu lebih dari 1 jam. Jangan lupa pastikan koneksi internet stabil. Begitu form selesai diisi, Anda akan mendapat bukti konfirmasi pengisian DS-160. Print bukti konfirmasi ini menggunakan kertas ukuran A4.

3. Buat jadwal wawancara 
Anda akan mendapatkan informasi link website untuk mengetahui jadwal wawancara setelah Anda menyelesaikan isian form permohonan. Tempat wawancara biasanya dilakukan di Kedutaan Besar AS di Jakarta ( Jl. Medan Merdeka Selatan No. 3 - 5) atau Konsulat Jendral AS di Surabaya (Jl. Raya Dr. Soetomo No. 33). Dalam waktu kurang dari 7 hari, Anda sudah bisa hadir untuk wawancara. Di akhir sesi, jangan lupa mencetak bukti konfirmasi jadwal wawancara.

4. Wawancara 
Untuk wawancara, yang wajib dibawa hanya 5 dokumen:
  1. Paspor dengan masa berlaku 6 bulan (bawa juga paspor lama jika ada) 
  2. Bukti pembayaran dari Standard Chartered atau Bank Permata 
  3. Print bukti konfirmasi pengisian form DS-160 
  4. Print bukti konfirmasi jadwal wawancara 
  5. 1 Pasfoto terbaru 5cmx5cm dengan background warna putih. 
Disarankan juga untuk membawa dokumen pendukung saat proses wawancara. Misalnya buku tabungan, rekening koran, surat keterangan kerja, slip gaji, atau kepemilikan aset (rumah). Informasi lebih lanjut bisa didapat di http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/mengajukan_visa.html#1
Biasanya wawancara tidak membutuhkan waktu lama, asal Anda dapat meyakinkan petugas bahwa Anda benar-benar bertujuan liburan, bukan untuk bekerja atau menetap, permohonan Anda akan dikabulkan. Selamat berlibur.

Update Blog Paling Seru di Malam Hari!

Diberdayakan oleh Blogger.