All Blogger Trick

6 Jenis Pisau Dapur

1.SERRATED KNIFE (Pisau Roti)






Biasanya dikenal juga sebagai pisau roti. Bagian yang tajam pada pisau ini bergerigi dengan panjang bilah antara 8 cm sampai 10 cm. Biasanya dibuat dari bahan stainless steel sehingga mudah dibersihkan dan tidak berkarat. Pisau sengaja didesain seperti ini agar hasil potongan roti tidak rusak, terutama untuk roti dengan tekstur yang lembut dan masih segar. 

2.CHEF’S KNIFE (Pisau Serba Guna)





Panjang bilah pisau ini memiliki ukuran kurang lebih 8 cm sampai 10 cm. Ini merupakan pisau yang paling banyak digunakan. Ukuran pisau ini cukup besar untuk memotong daging dan mencincang bumbu. Jenis pisau ini biasanya memiliki pegangan yang nyaman ditangan sehingga aman pada saat digunakan.
3.PARING KNIFE (Pisau Ukir)




Pisau jenis ini memiliki ciri-ciri panjang bilah pisau antara 3 cm sampai 4 cm, ukurannya yang kecil dengan sudut melengkung dan runcing memudahkan untuk memotong, mengupas, membuang biji, dan membuat ukiran dari buah dan sayuran. Luwes menangani potongan kecil dan halus seperti membelah punggung udang.

4.CLEAVER/CHINESE CHEF’S KNIFE (Pisau Besar)




Pisau berbilah besar dan pipih ini berfungsi untuk memotong, mengiris, mencincang sayuran dan daging. Cukup kuat juga untuk memotong tulang ayam. Para juru masak, kerapkali menggunakan pisau ini untuk mememarkan bawang putih dan jahe. 

5.BONING KNIFE (Pisau Fillet)




Bentuk pisau dengan bilah panjang meruncing dan ujung yang tajam dapat memudahkan proses melepas tulang pada daging, ayam, maupun ikan dan juga membuang bagian lemak dan urat. 

6.SLICING KNIFE (Pisau Iris)




Pisau ini bisa untuk mengiris buah, sayuran, atau daging hingga setipis mungkin. Para juru masak sering menggunakan pisau ini untuk mengiris daging asap, ayam, atau kalkun panggang agar irisannya rapi. 
Sumber

Update Blog Paling Seru di Malam Hari!

Diberdayakan oleh Blogger.