All Blogger Trick

Tiga Blogger Dipenjara Karena Lawan Pemerintah

Pemerintah Vietnam menunjukkan kekuasaannya dengan menahan dan menjatuhakan vonis 4-12 tahun penjara kepada tiga blogger yang dituduh melawan negara dengan menyebarkan propaganda melawan pemerintah.

Ketiga blogger tersebut adalah Nguyen Van Hai yang mengkritik kebijakan pemerintah melalui blognya divonis 12 tahun penjara karena dianggap menyebarkan propaganda anti-pemerintah, sementara itu dua rekannya Ta Phong Tan dan Phan Thanh Hai masing-masing divonis 10 dan 4 tahun penjara.

Nguyen Van Hai dan kedua rekannya diketahui mendirikan Free Journalis Club, yang selama ini telah mewadahi berbagai karya tulis yang mereka angkat lewat internet.

Kelompok pemantau hak asasi manusia (HRW) menyayangkan tindakan pemerintah ini. Reporters Without Borders menjuluki Pemerintah Vietnam sebagai "musuh internet". Mereka mengatakan selama ini hanya Iran dan China yang menahan banyak jurnalis.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Hanoi juga turut mengomentari masalah ini dan menyerukan pembebasan terhadap ketiganya. Misi diplomatik di AS juga mengungkapkan keprihatinannya terkait masalah yang mereka sebut bertentangan dengan komitmen Vietnam di dunia internasional terkait HAM.

Update Blog Paling Seru di Malam Hari!

Diberdayakan oleh Blogger.